Kamus Istilah Komputer dan Internet Abjad A

A5

Suatu sistem cyper dalam hal ini digunakan untuk mengamankan percakapan telepon selular yakini Group Spesial Mobile (GSM).Selain itu A5 merupakan suatu algoritma buatan Perancis. Pertama kali dipakai di benua Eropa sebab Group Spesial Mobile sebagai standar telepon selular di benua tersebut. Adapun peranannya untuk mengamankan percakapan selular dengan sentral teleponnya istilahnya sebagai Base Station BS.

Adapun sifat-sifat A5 meliputi:

• A5 memimiliki panjang kunci 40 bit

• Control Block sebagai suatu fungsi bit tengah setiap pergeseran register (Sift Register)

• Kunci sesi 64 dipalai untuk inisialisasi isi dari shift register dengan jumlah derajat tiga shift register yaitu 64 dengan rincian 19+22+23

• Dua aliran bit sebesar 114 bit telah dihasilkan untuk setiap frame TDMA yang di-XOR dengan kanal lalu lintas uplink yang berasal dari sentral telepon selular

Abelian

Suatu commutative atau ring.

ABI

Suatu pemaparan terhadap spesifikasi antarmuka  perangkat serta sistem operasi yang sedang dipakai.

Abort

Suatu perintah yang dipakai untuk membatalkan adanya jalannnya suatu program secara paksa serta mengembalikan ke sistem operasi.

Absolute

Sesuatu yang disetujui  dan harus  dihargai yang terdapat dalam studi logika.. Selain itu juga sebagai sesuatu yang tidak dapat diperdebatkan  dan terikat  pada aturan yang lain.

Absolute  Path

Suatu file  dari lokasi penempatan  yang ditetapkan dan tidak terikat  pada direktori  yang diletakkan  oleh user. Sedangkan  absolute path dalam MS DOS pada Microsoft  Windows  adalah  suatu file  yang ditetapkan di dalam drive, yang diletakkan  dalam direktori  yang  masing-masing  dipisahkan   dengan backslash.

AC -3 (Active Coding-3)

Artinya suatu format digital  mengelilingi suara yang ada pada audio rumah dan di dalam komputer biasa disebut Dolby Digital pada bioskop dengan mempunyai format suara 5.1 dengan 6 track (chanel) audio.  Sedangan dalam perangkat PC  yang telah dikodekan dalam DVD dan laserdisc.

ac.

Salah satu domain name  di  internet. Dalam hal ini domain name memiliki ekstensi domain name  ac.  maka situs tersebut berhubungan dengan perguruan tinggi berguna untuk ccLTD.. Kemudian,  dilanjutkan dengan ekstensi untuk kode asal negaranya.

AC

Alternating Current, suatu konvensi arus listrik dari arus bolak-balik ke arus searah. Hal ini dipakai untuk distributsi tenaga karena mengubah  tenaga dengan memakai trafo. Kegunaannya menyangkut tegangan tinggi  serta rendah, yang menghemat `ohmic` atau 12R. Dengan cara mengurangi tegangan tinggi station tenaga, trafo akan mengalirkan tenaga kepada konsumen yang memerlukan.

AC`97  (Audio Codec `97)

Suatu spesifikasi untuk sistim audio pada PC yang memisahkan circuit analog dan digital kemudian berkembang dalam hal ini dikembangkan  pada tahun 1006 oleh Intel, Analog Devices, dan Creative Labs. AC`97 mulai membuat controller chip digital yang mulai dipasangkan pada motherboard  san terpisahkan dari circuit analognya. Dua system tersebut dihubungkan dengan antarmuka TDM yang mempunyai 5 kabel dimana controller digitalnya bisa mendukung sampai  empat codec. Fungsi yang lain dari AC`97 adalah menyediakan dukungan codec untuk modem.

Acceptable User Policy

Kebijakan  manajemen yang  berperan  untuk  membatasi user yang  bisa diterima  dalam suatu jaringan, dimana  tiap jaringan   satu dengan jaringan yang lain berbeda.

Access

Suatu software  yang berperan dalam mengontrol akan pemindahan data antara penyimpan utama serta peralatan input serta output dalam sebuah sistem.

Access Control List

Daftar control untuk melihat  layanan yang dapat diakses  atau tidak dari sumber  daya yang tersedia  yang biaa  digunakan dalam jaringan komputer.

Access Control

Tujuan dari cryptography  dari gagasannya untuk membatasi  informasi bagi mereka yang diberi hak hal untuk memiliki  informasi tersebut.

Access Point

Suatu tempat yang menjadi sentral awal beberapa koneksi dalam hal ini yang saling berkaitan dengan seperti cross box dalam koneksi suatu telepon, yang berperan  sebagai tempat kabel telepon pelanggan terkoneksi. Selain itu access point suatu jaringan computer sebagai suatu jenis device  yang mampu dijadikan wireless station tujuannya untuk menghubungkan local area network tanpa memakai kabel. Access point sendiri telah menyediakam hubungan ke sumber daya sebuah jaringan.

Access Privilege

Hak untuk membuka sera mengubah atas direktori serta isi dari server dimana user dapat mengontrol akses kepada informasi memiliki sifat konfidensial yang tersimpan dalam direktori.

Access Provider

Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan untuk sambungan internet. Nama lainnnya ISP. Dengan ISP  ditambah modem  yang disambungkan melalui telepon biasa.

Access Time

Waktu yang diperlukan untuk mengambil atau memasukkan data dari atau ke memori.

Accessbility

Istilah yang dipergunakan dalam dunia komputer yang dapat secara mudah dan ragam penggunaannya, termasuk untuk orang yang mempunyai cacat fisik.

Accessories

Suatu istilah yang dipergunakan  dalam penambahan program-program pada Windows. Misalkan: Calculator, Paint, Address Book, Entertainment, dan sebagainya.

ACE (Access Control Entry)

Suatu masukkan untuk kebebasan menentukan akses yang berasal dari daftar kendali atau suatu sistem akses dari daftar kendali SACL ( System Acces Control List), yang menetapkan ijin akses ke dalam suatu direktori aktif yang dipergunakan untuk user serta sekelompok user di dalam format yang memakai NTFS file system. ACE sendiri merupakan bagian dari DACL atau SACL suatu objek yang memiliki isi format yang dapat dipergunakan untuk mengendalikan atribut yang menyangklut  obyek tersebut.

ACE menetapkan dua bentuk informasi:

• SID atau Security Indentifier, suatu keamanan  user atau sekempok user dalam menggunakan ACE.

• Tingkat akses yang telah diijinkan  bagi user.

Account

Cara mengakses dimana biasanya  dibutuhkan ID (username) dan password  ke sebuah komputer atau jaringan kompter berupa network.

Account Domain

Suatu tipe dari domain yang dipergunakan untuk Windows NT, di dalam industri yang mempergunakan  komputer dengan jumlah yang banyak, account domain sebagai account yang berfungsi untuk administrator dalam memberikan akses kepada pemakai yang lainnya.

Accountability Nonrepudiation

Merupakan  suatu tujuan dari cryptography. Dalam hal ini tanggung jawab pengirim pesan bahwa benar dia yang mengirim pesan tersebut.

ACPI (Advanced Configuration  and Power Interface)

Suatu system antarmuka (interface) yang memberikan standar dalam memgontrol manajemen daya  dan fungsi plug and play dari perangkat keras di komputer. ACPI lebih dirinci dalam konfigurasi perangkat motherboard dan kontrol daya kepada operating system. Operating system  dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan perangkat standar secara otomatis, seperti hard-disk driver, CD-ROM, kartu network, dan printer.

Acronym

Kata yang terbuat dari singkatan dari beberapa kata. Misal: NetBEUI  dari asal  kata NETwork BIOS Enhanced User Interface.

Activate

Menjalankan suatu program dengan cara menekan tombol mouse, dalam sistem operasi Windows.

Active  Attack

Serangan yang dilakukan hacker  menciptakan atau memodifikasi informasi.

ActiveX

Suatu kode yang berasala dari perangkat lunak dari Microsoft dalam hal ini yang memungkinkan pengembang untuk bisa menambah suatu hal yang menjadi bergerak terdapat pada halaman web statis. ActiveX yang berasal dari Microsoft dapat menginteraksikan komponen perangkat lunak dengan lainnya dalam internet, apapun bahasa pemrograman yang digunakan. Selain itu ActiveX mampu diiciptakan tujuannya untuk mengakses hard disk serta melaksanakan apa saja terhadapnya, termasuk membaca password yang tersimpan  dalam program penyimpan password.

Active Channel

Web site yang secara otomatis mengirimkan informasi kepada pengguna komputer dalam pelayanan jasa yang sesuai dengan jadwalnya.

Active Desktop

Tampilan antar muka (interface ) dimana menyatukan tampilan utama dalam desktop Windows dengan program Internet Explorer yang memiliki fungsi memberikan pengertian untuk suatu proses penggunaan aplikasi atau mengambil informasi.

Active Matrix Display

Teknologi yang berada dalam monitor komputer laptop sebagai salah satu tipe teknologi dari LCD (Liquid Crystal Display). Dalam hal ini sama artinya dengan TFT (Thin Film Transistor).

Active Window

Jendela aplikasi tampilan program yang paling dimuka dan yang sedang aktif  yang terdapat pada operating system Windows. Jendela ini berfungsi dalam menerima masukan dari keyboard.

Adapter

Suatu circuit yang  melengkapi suatu perangkat  pada komputer  untuk melakukan fungsi tertentu.  Bentuk dari adapter yakni expansion  card  atau sudah terdapat pada motherboard.

ADC (Analog to Digital Converter)

Fungsinya sebagai perangkat yang mengubah informasi dari bentuk analog menjadi  bentuk digital.

Additive Stream Cypher

Suatu stream cypher konvensional  yang berdasarkan  pada aditif kombinasi sederhana.

Additive Combiner

Suatu kombinator aditif yang memakai konsep kuantitatif, merupakan tambahan untuk mencampur berbagai nilai ke dalam hasil tunggal. Salah satu contoh adalah byte modulo penambahan 256, hanya menambahkan dua byte yang memiliki nilai antara 0 s.d 255 serta menghasilkan sisa setelah divisi oleh 256, suatu nilai pada byte antara 0 s.d 255.

Additive RNG (Additive Random Number Generator)

Suatu Random Number Generator yang berdasarkan linier feedback shift register (LFSR). Secara khusus memakai unsur-unsur multi bit serta integer sebagai pengganti kombinasi XOR. Kelebihannya:

• Satuan panjang siklus dibuktikan secara matematis.

• Implementasi perangkat lunak yang efisien.

• Initialisasi yang sewenang-wenang (beberapa unsure harus memiliki bit yang sedikit serta yang penting tetap).

• Suatu desain sederhana yang mudah untuk dimengerti dengan jelas.

ADD-On

Suatu  hasil produk hardware  atau software  yang dipergunakan untuk mendukung produk lain.  Nama lain dari hardware adalah expansion  card sedangkan software  adalah plug-in atau  expansion pack.

Address Bus

Berbagai kumpulan yang menghubungkan CPU  dengan memory yang digunakan untuk mengindentifikasikan address (lokasi) dalam memory utama.

Addresss Class Sesuatu basis klasifikasi yang membedakan  network dengan ukuran yang berbeda-beda Network cllss   dapat memberikan perbedaan  angka-angka  pertama (angka Octec ) pada alamat IP address..
ADK Additional  Descrytion Key Suatu kunci tambahan  yang secara khusus  untuk pesan  yang telah dienkripsi  dalam hal ini sebagai  kunci tambahan untuk penerima pesan.  Adapun cara  dari ADK  untuk recovery suatu pesan jika penerima kehilangan  kunci dengan pemilik ADK  bisa mendeskripsi  beberapa  pesan telah dieskripsi  oleh ADK.
Adobe PagemakerSuatu paket dari software dalam hal dipakai untuk mengolah data tujuannya untuk kebutuhan desain layout buku, cover majalah, serta tabloid. Biasanya dipakai oleh  jenis usaha stung komputer  dipergunakan untuk keperluan kartu undangan, kartu nama, poster, dan sebagainya.
Adobe Photoshop Suatu paket  dari software dalam aplikasi pengolah data gambar serta grafis dipergunakan untuk kebutuhan printing, desain grafis. Selain itu program ini dipakai untuk mengedit serta memanipulasi suatu gambar maupun foto. Adope Photoshop seri 6-7 telah dilengkapi dengan auto coulor, auto ajust serta pengeditan teks secara langsung sehingga jika akan membuat desai cover buku tidal lagi membutuhkan seperti adanya program freehand dll.  Gambar Tampilan Photoshop 7Address Di dalam komputer artinya tempat tinggal  dari suatu data  yang  berada pada memory atau pada disk.  Sedangkan di dalam network  artinya lokasi dari komponen atau komputer dan dalam World Wide Web adalah lokasi (URL) dari suatu file.
ADSL Asymammetric Digital  Subsciber Line. Suatu cara melakukan konektivitas  dalam hal ini  data dapat dikirimkan  melalui telepon biasa dimana  perangkatnya  harus  dikonfigurasikan terlebih dahulu  untiuk menghubungkan 2 lokasi yang berbeda.
Agent Suatu program yang biasanya berukuran kecil  memiliki fungsi pengumpulkan   dan melakukan pekerjaan proses dilatar belakang.
AGP Accelereted  Graphic Port Suatu slot untuk grafik bus pada motherboard dengan bandwidth bisa membuat game atau aplikasi 3D  untuk mengambil dan menyimpan tekstur 3D pada system memory, tanpa dari video memory. Serta dilakukan tidak mempengaruhi kinerja  dari game atau aplikasi  3D.  Slot AGP memiliki bandwidth lebih tinggi dari slot PCI.
Affine Secara umum merupakan linier dan linieritas. Kadang dikatakan linieritas ekspresi sebab berbagai ekspresi berbagai variabel mandiri dengan suatu ekspresi single variable yang dinamakan “linier” dari analytic serta algebraic geometry. Digambarkan oleh dua e1, e serta suatu sumber umum,O; mengkoordinir “frame’. Mengansumsikan suatu penggalan bentuk pararel pada masing-masing frame yang dipisahkan oleh panjangnya unit  (sebuah metric yang boleh berbeda untuk masing-masing garis vector). Jika garis vector secara kebetulan tegak lurus, kita mempunyai Cartesian Koordinator sistem yang setidaknya mampu menempatkan titik apapun dengan posisis tersembunyi.Affine, jika ditransformas,. bisa mengubah bentuk asli dua garis vector, membentuk frame yang asli menjadi “berkurang “ atau diregangkan ‘  image-nya dalam transformasi affine. Hal ini sama  dengan menyama ratakan ke ekspresi yang lebih tinggi.
Affine Booleon function Suatu fungsi booleon hal mampu diwakili dengan bentuk: an X n + a n-1 X n-1 +….a1n1 + a0    dimana operasinya adalah mood 2: penambahakan memakai Ex-Or serta perkalian memakai AND.Semua variable x; merupakan bagian dari unsur pertama  serta masing-masing koefisien ai hanya memungkinkan atau melumpuhkan variabel yang dihubungkannya. Hasilnya adalah Nilai Booleon tunggal, tetapi a0 sebagai istilah yang tetap dapat menghasilkan setiap polaritas keluaran yang mungkin.Dibawah ini merupakan semua affine 3-variabel dari fungsi Booleon (masing-masing mungkin dibalikkan dengan melengkapi istilah yang tetap); AIX Advanced  Interactive EXecutive Suatu versi dari sistem operasi UNIX yang dibuat oleh IBM.
Al Artifical Intelegence. Artinya  satu bidang studi  komputer yang mendalami kemampuan komputer untuk menyerupai imanusia dalam belajar secara menerus melalui  cara  belajar  dengan sendirinya dari pengalamann.
AlgorithmSuatu urutan akan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Algorrithm itu merupakan jantung ilmu komputer serta informatika untuk menyelesaikan permaslahan-permasalahan atas pemrograman atau permasalahan  yang lainnya.Dalam cryptography, artinya cara untuk nerancang sistem supaya sulit untuk dipecahkan oleh lawan, algorithm yang baik dalam cryptography diantaranya : simple, praktis,  bisa dikembalikan  (mengubah kembali ke bentuk cyphertext  ke bentuk plaintext ) , serta sulit untuk dipecahkan.
Alias Singkatan nama untuk sebagai wakil nama yang panjang dan rumit.  Biasa dipergunakan untuk  mail address atau name host domain
Alias FileSuatu istilah yang dipakai untuk cypher yang ada dalam sistem komputer yang berhubungan dengan nama kunci tujuannya untuk mendeskripsikan file yang telah dienkripsi serta mengijinkan user untuk mengakses file dengan menggunakan alias yang biasanya merupakan suatu kunci public, tapi bagimana pun juga , user harus memiliki kunci private untuk dapat membaca file.
Allocate Suatu instruksi dalam hal ini tujuannya untuk meletakkan memori komputer atau unit lainnya dibawah kontrol  program komputer.
Alpha Based CPU Digital Equipment Corporation  yang mengembangkan teknologi CPU. Alpha Based CPU berfungi menambah penggunaan beberapa operating system.
Alpha Blending Adanya komputer yang dipergunakan untuk grafik  dimana setiap pixel mempunyai tiga chanel  untuk informasi yaitu RGB (merah,hijau, biru)  sedangkan keempat dinamakan alpha chanel. Fungsi dari alpha channel sendiri  mengontrol bagaoimana  informasi dari  grafik  yang lainnya ditampilkan, Sebagai pengaturan alpha  chanelldalam tingkat krburaman dan tingkat transparansi digunakan alpha blending.   Gambar Panel Channels pada PhotoshopAlpha Channel Di dalam graphic adapter 24 bit  terdapat 3 chanel  warna yakni:merah, hijau, biru (RGP)  dimana setiap channell mempunyai 8 bit  untuk warna pixel-nya, jadi ada sebanyak 24 bit . Ada tambahan 8 bit alpha chanell untuk  keburaman (opacity) dan transparansi. Selurunhya ada graphic adapter 32-bit.
Alpha  NumericCampuran antar karakter serta angka juga huruf (A-Z; a-z), tanda baca serta beberapa karakter khusus seperti &,#, @, dan sebagainya.
Alpha Processor Suatu processor RISC yang  memiliki kemampuan  tenaga yang dipergunakan untuk workstation dan server. Selain processor RISC ada processor x86 yang berfungsi untuk  menjalankan operating  system Windows NT.
Alphanumeric Suatu kombinasi  dari huruf dan angka.Misal: .   3133t nama lain dari  Elite.
Alt KeyNama tombol yang terdapat pada keyboard yang terletak sebelah kanan kiri spasi memiliki fungi apabila digunakan ditekan bersamaan dengan tombol lain. Selain itu pada Widows , tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat dipakai untuk membuka serta memilih perintah yang terdapat pada menu secara cepat.
ALU Arithmetic  Logic Unit . ALU sebagai bagian dari CPU yang memiliki fungsi  dalam perhitungan seperti operasi perbandingan, penambahan,  perkalian, dan lain-lain.
Amplifier Suatu  alat yang merasakan suatu sinyal dan menghasilkan  suatu versi  yang lebih besar  menyangkut sinyal itu. Adapun secara umum, berfungsi untuk memperbesar  alat,  dimana dibatasi  oleh daya yang tersedia, respon dari frekuensi, dan alat maksimum  untuk tegangan tepat.
Amplitude Tingginya sinyal atau  tingkatan sinyal.
Anagram   Untuk membentuk  suatu kata kata  yang dapat dikenal,  diman ungkapan  atau pesan disusun ulang, artinya  permutasi dan penulisan huruf  untuk mencapai tujuan yang diingini.
Analog  Proses pengiriman  sinyal  pada gelombang  elektromagnetik  dan bersifat variable  yang berurutan  dalam bentuk komunikasi elektronik . Satuan dari kecepatan gelombang  diukur dengan detik sedangkan kecepatan gelombang  disebut dengan Hertz (Hz). Jika kekurangan site mak pengiriman sinyal agak lambat dan sering terjadi error.
AND Suatu logika Boolean atau gerbang logika. Gerbang ini memiliki dua state masukkan, masing-masing mempunyai nilai bilangan biner yang merepresentasikan suatu nilai logika benar atau salah. Kunci gerbang logika ini adalah outputya akan bernilai benar apabila  kedua inputnya bernilai benar.Kalimat p serta q  akan benilai benar, jika p maupun q akan benilai benar, jika p maupun q bernilai benar. Jika salah satunya bernilai salah apalagi keduanya maka  p serta q bernilai salah.Tabel logika  ANDP Q P dan QTrue True TrueTrue False TrueFalse True TrueFalse False True Anonymity    Suatu cara untuk menyembunyikan suatu identitas dengan tidak mencantumkan nama atau identitas yang bisa dikenali.
ANSI X9.17Standar pembangkit bilangan semi acak yang memakai IDEA sebagai algortma utamanya.Input ANSi x9.17 terdiri dari TD (Time Date): jam, menit., detik, milidetik , tanggal, bulam, serta tahun saat pembangkit bilangan semi acak. Dengan input TD, setiap output 64 bit akan tergantung dengan waktu sehingga outputnya menjadi lebih acak serta time yang ada pada computer dikonversikan ke dalam input 64 bit Time Date.
Anchor Artinya sama dengan hyperlink yang terdapat didalam  web page.
Animated GIF Sejenis tipe special yang  ada pada file jenis GIF  memiliki fungsi memberikan kesan seolah-olah seperti yang ada dalam video  diman gambarnya memberikan animasi  dan mempunyai prinsip yan sama dengan film. Gambar Ulead GIF Animator Salah Satu Software Pembuat Animasi GIFAnonymous FTP Site Suatu situs FTP yang tidak harus memakai User ID dan password dalam menghubungkannya.  Sesuatu situs dapat dapat dipergunakan untuk dapat diakses oleh siapa saja.
Anti Virus Software Suatu program dipergunakan untuk menyingkirkan dan atau menemukan  virus dari PC secara terus menerus diperbaharui untuk  dapat menyesuiakan adanya jenis baru yang muncul.  Gambar Tampilan Norton AntiVirus
Antiliasing Teknik yang terdapat dalam komputer graphics  dari sofware untuk  menghilangkan garis-garis kasar yang ada pada suatu lengkungan dari gambar polygon vector graphics karena bentukasli dari pixel tidak lengkung. Garis-garis kasar tersebut dinamakan dengan jaggies (bentuk kotak-kotak  seperti tangga) untuk lebih menghaluskan sisinya dengan cara pemakaian skala pewarnaan pada warna  yang ada dilengkungan tersebut.    Gambar Teks Tanpa Aliasing Tampak Kasar BentuknyaAPI  Application Program Interface. Kode didalam aplikasi program yang dipergunakan untuk interaksi  langsung dari fungsi tertentu  yang terdapat didalam operating system.  Misalnya: DirectX dari operating system Windows berfungsi mendukung  dari efek visual dan suara di dalam program game.
APM Advanced Power Management Suatu API   sebagai fungsi mengawasi dan mengontrol penggunaan adanya daya, dalam hal ini sangat berguna  untuk komputer laptop.
Apple Talk  Suatu arsitektur LAN  yang dipasangkan dalam  komputer Apple Macintosh  dan laser printer. Apple talk juga mendukung  system Ethernet dan IBM token Ring.
Applet Sebuah program kecil yang bisa dipergunakan untuk berbagai fungsi dari bagian web page memberikan  tampilan dan fungsi dari web page lebih dinamis dan hidup. Browser yang dipakai harus bisa menjalankan . Applet biasanya dituliskan dengan nama Java Programming Language
Application Program Suatu program (software) yang diciptakan untuk menjalankan suatu aplikasi  tertentu yang bermanfaat untuk si penggunanya. Misalnya: pembuatan gambar dan perancangan, game, musik, video, komunikasi,ataupun informasi.
Archie Program yang digunakan untuk mencari  informasi  di FTP  dalam internet.
Architecture Susunan rancangan  yang berada pada software atau hardware dalam sistem komputer dan juga susunan  pada rancangan network.
Archive Suatu tempat untuk menyimpan data maka perlu di back-up data dalam jangka waktu yang lama  biasanya diperlukan untuk audit  atau keamanan.
ARP Address  Resolution  Protocol. Suatu protocol untuk menentukan alamat Ethernet dari alamat internetnya.
AS/400 Aplication  System 400. Nama dari sebuah sistem minicomputer IBM yang dikeluarkan oleh perusahaan IBM pada tahun  1988.
ASCII American Standar Code for Information  Interchange. Salah satu standar yang  digunakan untuk merepresentasikan  text biasa dimana sebagai aliran  dari angka-angka binary. Satu set kode terdapat adanya 128 karakter, dimana 32 karakter pertama sebagai kode untuk kontrol sedangkan sisanya 96 karakter sebagai huruf-huruf besar dan kecil, angka-angka, tanda-tanda punction  serta karakter special.
ASCII Character Set Suatu standar kode 7 bit yang menggambarkan karakter ASCII memakai nilai biner. . Adapun range kode ini antara 0 s.d 127. Komputer pribadi memakai kode yang berbasis 8 bit, sehingga didapatkan 128 karakter ekstra yang digunakan sebagai simbol khusus.
ASCII File Nama lainnya File texts, Text Only File, atau File text ASCII. Isinya berupa karakter spasi, lambang, serta symbol-simbol khusus. Gambar Notepad untuk Membuka File ASCII
ASCII Text File Salah satu file format umum  biasa yang tidak menyimpan informasi  tentang formatnya, dan juga tidak membutuhkan suatu program  khusus untuk membukanya yang terdapat pada PC.
ASN.1Abstract Syntax Notation OneSuatu standar baku  yang berasal dari International Organisation for Standardization telah menyediakan  suatu mekanisme untuk mengkodekan symbol-simbol yang dimasukkan oeh manusia yang lalu di format ke dalam (ASN.1) Sebagai bagian spesifikasi X.400 serta X.300 dan menyandi pesan e-mail dari X-400 based dalam transmisis jaringan . Lebih umuum lagi, ASN.1 merupakan  suatu metode untuk penetapan objek abstrak yang dimaksudkan dipakai untuk melukis objek didlam manajemen dasar informasi (MIB) file untuk protokol manajemen jaringan yang sederhana (SNMP).
Acsending SortSuatu teknik dengan pengurutan adapun caranya dengan menyusun  data atau informasi  dari nilai terrendah ke nilai tertinggi.
ASIC  Appication Spesifik Integrated Circuit. Suatu chip yang  digunakan dirancang untuk melakukan proses pada aplikasi tertentu. Misalnya: Video adapter memiliki  chip ASIC.
Asosiatiative Suatu operasi dyadic dimana dua operasi percontohan pada tiga argumentasi  pertama dapat beroperasi baik pada  dua hal  pertama  maupun bertahan  pada dua argumentasi  dan memberi hasil  sama   dalam setiap kasus: ( a + b ) + c = a + ( b + c ). Operasi dyadic sendiri artinya operasi satu fungsi dengan dua masukan argumentasi.
Asymmetric CypherLihat kunci publik.
ATMAsynchronous Transfer ModeDalam hal ini ATM kadang ditujukan pada sebagai cell relay yang merupakan titik kulminasi keseluruhan perkembangan yang terjadi dalam circuit seitching serta packet switching. Selain itu ATM juga merupakan suatu evolusi dari frame relay traffic. Data yang termasuk  frame relay traffic secara real time akan dipecah menjadi 53 byte  serta dikirim secara bergantian  dengan batasan antara 1,5 s.d 622 Mbps. Adapun perbedaan antara  ATM dan frame relay adalah frame relay adalah frame relay memakai variabel length packet ynag disebut dengan frame, sedangkan ATM memakai fixed-lenghh packet yang disebut dengan cell.Tujuan dibuat ATM adalah supaya mampu bekerja dalam range 10 sampai 100 MBps serta dalam range Gpps.  ATM itu sendiri bisa didefinisikan dalam broadband ISDN protocol pada saat kontak terjadi sampai dengan level 1 serta level 2 dari ISO ataupun model OSI. Model transfer PSI digunakan dalam transfer data pada jaringan komputer local atau LAN yang mengkaitkan workstation dengan PC.
Attack Cryptography Peranan dari cryptanalyst untuk mencoba menembus rahasia suatu kode. Mencoba membangun suatu algoritma untuk memecahkan kode dari cyphertext.Secara sederhana,  attack cryptography tidak bisa disamakan seperti algoritma, serangan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan kode-kode yang ada.
Attack Strategies Cryptography Tujuan suatu serangan hal ini mengungkap plaintext tersebut.  Suatiu serangan akan berhasil apabila dilakukan dengan lebih sedikit usaha dibandingkan suatu pencarian brute force atau break. Berbagai serangan dapat terjadi yang mencoba mengisolasi aspek atau komponen kecil yang tidak diketahui sehingga mereka dapat dipecahkan secara terpisah, suatu proses yang dikenal sebagai divide dan conquer.
Authentication Sebagai salah satu object cryptography sebagai jaminan suatu pesan yang belum dimodifikasi dalam pengiriman atau dalam keaslian pesan ataupun integritas pesa yang mencakup kunci untuk membuktikan akan keaslian kunci public seta pemakai identifikasi sumber yang boleh memverikasi hak untuk mengirimkan pesan. Penerima pesan pesan dapat memastikan keaslian pengirimannya. Cryptanalyst tdak bisa berpura-pura mengirim pesan tersebut. Selain itu, sebagai proses validasi user pada saat masuk ke dalam sistem. Denagn demikian ID user serta password user akan dicek melalui proses pengecekan langsung di dalam data base. Apakah id user  serta password  user benar-benar ada dalam database. Kemungkinana kalau ada maka user akan diberi hak untuk melakukan akses serta kemungkinan kedua apabila tidak ada maka user akan diminta memasukkan ulang user serta password usernya.         ASP Active Server Pages atau  Application Service Provider.  Dalam hal dipergunakan untuk  membuat web page   sebagai suatu spesifikasi  dari Microsoft dengan ekstensi .asp dengan menggunakan script ActiveX  (kodenya: VB Script atau Jscript yang dipakai pada web server)  Jika mempergunakan web page  maka web server ASP memberi halaman tersendiri  (kodenya: HTML)  dan mengirimkan kepada web browser. ASP sama fungsinya dengan CGI script.
ASP.NET Suatu teknologi yang terdapat pada software  pada web server dari Microsoft  untuk  penggunaan Active Server Pages.
Aspect Ratio Perbandingan lebar dan tinggi dari tampilan monitor. Misalnya  Monitior menggunakan tampilan dengan resolusi  800 x 600 pixel, mak aspect rationya adalah 4:3.
ATA  Advanced  Technology   Attachment. Nama resmi  dari IDE  sebagai salah satu standar  untuk mengakses hard disk.
ATAPI  Advanced Technology Attachment  Packet  Interface. Suatu  standar  pada PC untuk mengakses  CD-ROM.  tinggi.
ATX Salah satu spesifikafi dari motherboard   yang memberikan  tempat ekstra  untuk  expansion  slot dan Input / Output  dimana mendukung  fasilitas multimedia  dan USB.
Authenticating  Block Cypher Blok cyper  mechanism yang tak terpisahkan, diman berisi suatu nilai keaslian.
Autocorrelation Suatu kesamaan index  dari bagian-bagian dokumen yang ada. Adapun fungsinya adalah  untuk  menentukan panjang  suatu kunci  dokumen yang dienkripsi yang lebih khusus   memiliki algorima Vigenere, XOR, dan algoritma yang sama persis.
Autokey Suatu cypher, yang dihasilkan  pesan data  yang dinamakan dengan kunci.  Adapun cypher yang bersifat umum  adalah Cyphertext feedback, dalam cyphertext  di umpan balik ke dalam satu  Random Number Generator  yang dipakai untuk  confusion  sequence suatu stream cipher
Autoplotter Sebuah mesin dalam hal ini secara otomatis akan mampu menggambar grafilk berdasarkan data yang dimasukkan.
AutotextSuatu kemampuan  pengolah kata tujuan untuk memasukkan sebuah ke dalam tombol keyboard sehingga sebuah kalimat yang panjang mampu ditulis hanya dengan menekan tombol yang berperan sebagai shortcut tersebut.
Avatar Suatu symbol pad aplikasi online chat yang memberikan  identifikasi  dari penggunaannya  dalam bentuk grafis bisa memilih gambar yang diinginkan, seperti gambar obyek, binatang, orang, dan lainnya, bukan  dalam  bentuk teks.
AVI  Audio Video Interleave Suatu standar file type  (berekstensi .avi)  untuk video  dari Microsoft. Gambar Apabila Ingin Menonton File AVI, Pakailah Windows Media PlayerAvalanche Properti yang telah diamati dari suatu block cypher yang membangun layer atau rounds berkenaan dengan suatu perubahan yang kecil dari input . Salah perubahan input yang secara umum menghasilkan berbagai prubahan bit setelah satu round, jumlah perubahan bit setelah putaran lainnya sampai sekitar separuh dari block akan berubah.
Avalanche Effect Hasil avalanche. Dalam hal ini sebagai perubahan bentuk yang ditentukan serta dipengaruhi oleh avalanche effect, output rata-rata setengah bit yang perlu berubaha, kapan input tunggal dilengkapi.

 

 

Demos

Color Skin

Header Style

Nav Mode

Layout

Wide
Boxed