Relasi “Malu Bertanya” dan Produktivitas

Produktivitas selalu terkait dengan “apa yang bisa dikerjakan hari ini”. Tanpa memiliki ide untuk berbuat sesuatu yang menghasilkan, tak akan ada “mahluk” bernama produktivitas. Oleh karena itu, produktivitas sangat identik dengan ide. Ada ide, ada produktivitas. Lantas bagaimana caranya berburu ide setiap hari?

Voltaire, penulis buku filosofis asal Perancis, pernah mengungkapkan “semboyan” berbunyi, “Nilailah manusia dari pertanyaannya alih-alih dari jawabannya.” Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan yang mengatakan jika pertanyaan yang berkualitas akan menghasilkan jawaban yang terbaik juga. Atau, ungkapan kocak yang berbunyi, “malu bertanya sesat di jalan. Banyak tanya, memalukan.” Benarlah ungkapan seperti ini. Orang yang terlalu banyak mengajukan pertanyaan tak berkualitas justru akan mendapatkan rasa malu yang berkepanjangan. Mengapa? Karena orang lain menganggap Anda terlalu bodoh.

Sebaliknya, jika Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkualitas, berbobot, dan memaksa orang lain ikut berpikir sama kerasnya dengan Anda, maka Anda justru akan dicap sebagai orang jenius yang selalu mampu mencermati hal-hal kecil yang menarik.

Nah kalau Anda berhasil mencermati hal-hal kecil dan berusaha mencari jawaban bagaimana mengatasi masalah walaupun sekecil apapun, maka Anda tinggal selangkah lagi mencapai sebuah produktivitas. Bayangkanlah Anda menemukan ide untuk menciptakan sistem yang memungkinkan jaringan restoran menciptakan masakan yang sama persis di waktu bersamaan dengan standar rasa yang sama. Kalau sudah begini, Anda sudah sanggup melipatgandakan produktivitas, sama seperti ketika Kolonel Sanders membuat ribuan “koki” memasak ayam dengan resep dan rasa yang sama, di waktu yang sama pula.

Jadi jika Anda mendengar ungkapan, “banyak tanya itu memalukan” maka cobalah untuk mengajukan pertanyaan yang lebih bermutu. Pertanyaan bermutu mengandung sebuah solusi. Burulah cara untuk menemukan solusi-solusi apapun yang Anda hadapi sekarang. Dengan begitu, produktivitas Anda tetap terjaga.

INSPIRASI UNTUK DUNIA KERJA
Lingkungan kerja selalu membutuhkan “pertanyaan-pertanyaan bermutu”. Apa yang harus diproduksi hari ini? Bagaimana caranya melipatgandakan penjualan kopi secara massal di tempat yang berbeda? Apakah benar menambahkan sedikit cuka akan membuat rasa soup menjadi lebih enak dan lebih praktis dibuat? Galilah pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Jika Anda menemukan jawabannya, produktivitas kerja akan meningkat karena Anda sudah tahu apa yang sekarang ini harus dikerjakan.

INSPIRASI UNTUK DUNIA SEKOLAH
Mahasiswa atau anak sekolahan manapun umumnya malas bertanya. Mengapa? Karena bertanya identik dengan “orang bodoh” dan “memperpanjang waktu kuliah”. Dua “cap” di atas sangatlah berbahaya bagi produktivitas. Oleh karena itu, cobalah untuk mengajukan pertanyaan yang lebih bersifat analitis kepada guru atau dosen Anda. Pertanyan berat akan membuat Anda disegani. Sebaliknya, pertanyaan “ecek-ecek” akan membuat Anda “disingkirkan”. Kalau sudah begini, satu-satunya jalan untuk mengajukan pertanyaan adalah, carilah pertanyaan yang paling hebat yang bisa Anda dapatkan hari ini!



Leave a Reply

Demos

Color Skin

Header Style

Nav Mode

Layout

Wide
Boxed