Apa yang Menyamakan Gates dan Dick

Harian berita Detik.com memuat artikel menarik pada tanggal 26 Juni 2017 berjudul “Bill Gates Ternyata Sangat Jago Meramal. Ini Buktinya”. Tulisan wartawan Detik.com bernama Fino Yurio Kristo itu menyoroti beberapa ‘ramalan’ Bill Gates yang ditulis pada tahun 1999 dalam bukunya yang berjudul Business @ the Speed of Thought.
Untuk membantu Anda mengetahui beberapa ramalan yang sekarang telah terwujud itu, berikut akan ditulis intisari singkatnya.

Ramalan-ramalan itu antara lain, munculnya situs perbandingan harga, perangkat mobile, pembayaran instan dan perawatan kesehatan, asisten pribadi dan internet of things, kamera pemantau, media sosial, diskon liburan, website diskusi olah raga, iklan pintar, dan rekruitmen pegawai online.

Namun, jauh sebelum Bill Gates menulis buku tersebut, ada lagi seorang tokoh visioner yang menulis cerita fiksi setahun setelah Bill Gates lahir, yaitu 1956. Philip K. Dick, menulis cerita fiksi berjudul Minority Report, novel futuristik yang kemudian difilmkan oleh Steven Spielberg pada tahun 2002 dengan bintang utama Tom Cruise.

Intinya, film tersebut adalah tentang PreCrime Division, sebuah divisi dari penegak hukum yang dapat mencegah terjadinya kriminalitas sebelum pelaku benar-benar melancarkan aksinya.

Sama seperti cerita-cerita fiksi futuristik lainnya, beraneka ciptaan teknologi masa depan dipertontonkan. Dick memiliki visi bahwa di tahun 2054, mendekati 100 tahun sejak novel tersebut diterbitkan, masyarakat dunia memiliki berbagai metode dan gaya hidup modern. Sekarang, di tahun 2017, beberapa visi Dick telah menjadi kenyataan.

Salah satu adegan favorit adalah pada saat John, diperankan Tom Cruise, dikejar oleh aparat penegak hukum. Salah satu metode yang dipilih adalah dengan ‘membajak’ mobil tanpa-sopir (driverless car) berbentuk seperti kubah kaca. Saat ini, gagasan tentang mobil tanpa sopir sedang giat dikembangkan, baik oleh Google, Apple, maupun pabrikan lain. Meskipun belum sempurna, namun gagasan Dick telah kita dengar akhir-akhir ini.

Selain itu, ada pula Personalised Ads. Sebelum Gates memprediksi munculnya iklan pintar di tahun 1999, Dick telah menyampaikan visinya itu dalam sebuah adegan dimana John masuk ke sebuah retail store penuh dengan iklan yang mengawasi terus menerus. Iklan-iklan itu memanggil-manggil namanya, memberinya penawaran yang sesuai (kita menyebutnya targeted ads), dan berusaha menarik perhatian. Dalam ekosistem online, personalized ads muncul dalam bentuk iklan yang dikembangkan oleh Google. Namun iklan berukuran besar yang di-display dalam skala billboard sedang dikembangkan oleh NEC dan IBM.

Akhir-akhir ini, dua perusahaan online raksasa mengembangkan teknologi yang dapat dikendalikan menggunakan suara. Amazon mengembangkan Amazon Echo dan Google meluncurkan Google Home. Kedua alat ini dapat mengontrol device lain, sama seperti adegan tatkala John sanggup mengendalikan rumahnya melalui suara seperti memainkan musik, menyalakan lampu, dan bahkan mengunci rumah.

Selama menjadi buron, John merasa tidak nyaman karena teknologi selalu mengejarnya. Dalam salah satu trik, John mentransplantasi matanya agar dapat mengelabui sistem optical recognition yang tersebar di berbagai sudut kota. Teknologi ini sudah tidak asing lagi akhir-akhir ini dimana pengenalan identitas manusia menggunakan pemindaian retina sudah semakin jamak. Bahkan sejak tahun 2011, FBI mengembangkan sistem yang disebut NGI (Next Generation Identification) yang salah satu fungsinya adalah pemindaian retina mata.

Sebenarnya, dari semua scene yang kita tonton dalam film Minority Report, yang paling keren adalah ketika Tom ‘John’ Cruise mengendalikan layar monitor raksasa menggunakan tangannya yang dibungkus sarung-jari elektronik. Hanya dengan gerakan tangan seperti menyapu (swipe) atau menunjuk, John dapat mengendalikan layar monitor. Teknologi seperti itu, yang disebut Gesture-Based Computing, tampak canggih di tahun 1956. Namun setelah kita terbiasa dengan iPad maupun Kinect untuk Xbox, maka visi tersebut tampak biasa sebab telah menjadi nyata.

Belum semua visi Dick terwujud saat ini. Itu karena setting Minority Report adalah di tahun 2054. Beberapa puluh tahun ke depan, bisa jadi visi Dick menjadi genap.



Leave a Reply

Demos

Color Skin

Header Style

Nav Mode

Layout

Wide
Boxed