Bagaimana Action Photoshop Dapat Menghemat Waktumu

HIGHLIGHT

Pernahkah Anda meng-tiga-dimensi-kan sebuah objek, seperti peta atau shape lainnya? Jika belum dan ingin menciptakan bentuk seperti itu, mungkin Anda akan tertarik dengan desain yang akan kita pelajari kali ini. Di sini, kita akan menciptakan desain dahsyat hanya dengan mengandalkan shape apapun yang kita buat di atas kanvas. Kita bisa menciptakan promosi apapun yang Anda inginkan mulai dari infografik, peta, area pemasaran, hingga lain sebagainya.

3D Map Generator

Untuk membuat desain tiga dimensi, atau meng-tiga-dimensi-kan sebuah objek—apapun yang Anda buat di dalam kanvas—belilah dulu template bernama “3D Map Generator – Action”.

LINK DESAIN
Anda dapat membeli desain 3D Map Generator – Action di atas dengan harga USD 6 (Regular License) atau USD 30 (Extended License) dengan mengklik link berikut: http://graphicriver.net/item/3d-map-generator-action/308808.

Ada beberapa file yang diikutsertakan dalam desain 3D Map Generator – Action di atas. Selain file utama berformat PSD, Anda juga akan melihat dua file tambahan yang berfungsi sebagai Action dan Layer Style. Kedua file itu harus “diinstall” terlebih dulu.

Pastikan Anda memunculkan panel Actions terlebih dulu dengan menekan tombol Alt+F9. Klik ikon segitiga kecil yang ada di pojok kanan atas dan pilih Load Actions. Pilih file “3D_Map_Generator.atn”. Lantas, munculkan panel Styles dengan menekan menu Window > Styles. Klik ikon segitiga kecil yang ada di pojok kanan atas dan pilih “3D_Map_Generator.asl”. Jika sudah, akan muncul opsi baru di panel Actions dan Styles.

Mengenal File 3D Map Generator

File utama untuk 3D Map Generator ini bernama “3D_Map_Generator.psd”. Di dalam file ini terdapat komposisi layer yang sangat kompleks dan berlapis-lapis. Oleh karena itu, Anda harus mengenalinya terlebih dulu.

Group Layer ”My_Shape”

Group layer “My_Shape” kosong tidak ada isinya. Namun, di sinilah bentuk-bentuk shape dibuah menjadi 3 dimensi. Jadi nanti, Anda letakkan bentuk-bentuk yang akan diubah menjadi desain 3 dimensi di group layer ini. Untuk sementara, group layer ini tidak memiliki apapun untuk dibahas.

Group Layer ”Accessories”

Group layer “Accessories” memiliki banyak elemen, mulai dari elemen yang nanti akan diletakkan di dalam bentuk tiga dimensi maupun elemen yang akan diubah ke bentuk tiga dimensi itu sendiri.

Objek-objek yang akan diubah ke dalam bentuk 3 dimensi diletakkan di dalam sub group layer bernama “example_shapes”. Di sini terdapat beragam bentuk pulau yang bisa Anda ubah ke format 3 dimensi. Bentuk pulau mana yang akan Anda ubah ke format tiga dimensi, cukup aktifkan ikon mata yang ada di sisi kiri tiap-tiap layer.

Selanjutnya, Anda akan temukan sub group layer dengan nama beragam yang ditandai dengan angka 1-5, mulai dari “1_buildings” sampai “5_another”. Fungsinya untuk memasukkan objek-objek tambahan ke dalam kanvas agar desain tiga dimensi menjadi lebih cantik.

Untuk mengaktifkan objek-objek itu, cukup buka masing-masing sub group layer. Lantas, klik ikon mata yang ada di samping kiri tiap-tiap objek untuk memunculkannya di dalam kanvas.

Mengubah Pulau Menjadi Bentuk 3 Dimensi

Kita akan memanfaatkan materi-materi yang sudah ada terlebih dulu untuk proses latihan awal. Di dalam file “3D_Map_Generator.psd” terdapat layer-layer berbentuk pulau yang siap untuk diubah ke bentuk 3 dimensi. Berikut langkah-langkah pengubahannya:

Langkah 1: Menggandakan Layer

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah menggandakan layer berbentuk pulau. Oleh karena itu, pilihlah bentuk pulau yang ingin Anda pakai. Klik masing-masing ikon mata yang ada di samping kiri layer pulau-pulau itu satu demi satu. Jika Anda sudah menemukan pulau terbaik, pastikan ikon mata itu hanya aktif pada layer pulau itu saja.

Pada contoh di bawah ini, kita akan memanfaatkan layer bernama “Japan” untuk mengubah pulau Jepang menjadi objek 3 dimensi.

Jika sudah, klik kanan tepat di atas layer itu. Pilihlah Duplicate Layer. Jadi, Anda punya layer baru bernama “Japan Copy” (dalam konteks, Anda memilih layer bernama “Japan”).

Langkah 2: Menjalankan Action

Setelah itu, klik-drag layer “Japan Copy” itu masuk ke dalam sub group layer my_shape. Lantas, klik ikon mata pada layer “Japan” agar yang tampak di dalam kanvas hanya objek yang ada di dalam layer “Japan Copy”.

Pastikan layer “Japan Copy” itu berada di dalam sub group layer “my_shape” dan tidak hanya sekedar di bawah sub group layer itu saja. Jika hanya ada di bawahnya, maka proses pengubahan pulau menjadi objek 3 dimensi tidak akan berjalan mulus. Lihat gambar susunan layer di bawah ini secara cermat.

Beralihlah ke panel Actions dan klik group “3d_map_generator”. Di situ ada 3 pilihan yang bisa Anda jalankan, yaitu “terrain_right”, “terrain_left”, dan “terrain_frontal”. Tiap-tiap pilihan menghasilkan efek yang berbeda. Oleh karena itulah, Anda hanya bisa mengaplikasikan satu action untuk satu kali kesempatan saja.

Klik salah satu action yang Anda inginkan, sebagai contoh “terrain_right”. Lantas, klik ikon Play.

Langkah 3: Memasukkan Objek-Objek Pendukung

Terlepas dari bentuk pulau yang Anda pilih dan desain tiga dimensi yang Anda jadikan, Anda tetap bisa memasukkan objek-objek pendukung ke dalam pulau itu. Sebagai contoh, buka sub group layer “1_buildings”. Aktifkan ikon mata yang ada di samping kiri tiap-tiap group layer sehingga Anda melihat deretan gedung. Lantas, klik salah satu group layer tempat objek bangunan berada. Pilih Move Tool dari dalam toolbox. Pindahkan objek gedung itu ke dalam peta. Lakukan terhadap objek-objek gedung lainnya. Untuk objek gedung yang tidak ingin Anda gunakan, klik ikon mata yang ada di sisi kirinya agar objek itu tersembunyi.

Lakukanlah pada objek-objek lainnya sehingga gambar di atas pulau menjadi jauh lebih lengkap. Anda bisa memasang awan, danau, lapangan golf, dan objek-objek lain apabila Anda merasa desain itu menjadi tampak lebih bagus dan bermakna.
Kalau bentuk pulau terlalu kecil, maka Anda bisa mengecilkan objek-objek di atas. Caranya cukup sederhana. Klik layer tempat objek berada dan pilih menu Edit > Transform > Scale.

Langkah 4: Memberi Label

Selanjutnya, agar informatif, Anda bisa memasukkan label-label dan keterangan lainnya di atas pulau itu. Sub group layer “4_signs_markers” berfungsi mengontrol label-label dan keterangan teks di atas pulau.

Untuk mengedit masing-masing teks yang ada di label-label di atas, cukup buka masing-masing sub group. Klik-ganda layer Text dan ketiklah teks Anda sendiri. Kalau sudah selesai menulis, klik ikon Commit.

Mengedit Rumput di Atas Pulau

Pulau di atas kanvas terdiri dari beberapa layer (lapisan). Lapisan paling atas berbentuk rumput. Munculnya rumput di atas pulau dikendalikan menggunakan Layer style “Pattern Overlay”. Itu artinya, pola rumput yang ada di pulau bisa diedit sesuai selera kita. Caranya, klik sub group “my_terrain”. Selanjutnya, klik layer “layer_1”. Kalau sudah, klik-ganda Pattern Overlay.
Di dalam jendela Pattern Overlay, Anda bisa berbuat banyak terhadap efek rumput yang ada di atas pulau. Antara lain:

1.

Mengatur ulang ukuran area rumput dengan mengatur Scale. Jika Anda turunkan atau naikkan nilai Scale, maka gambar rumput akan ikut berubah.

2.

Mengatur posisi rumput di atas pulau secara langsung. Caranya, arahkan kursor mouse ke atas pulau dan klik-drag. Geser ke kanan atau ke kiri serta atas-bawah untuk mendapatkan pola rumput terbaik di atas pulau itu.

Mengedit Ribbon

Warna ribbon yang sudah disediakan adalah biru. Anda bisa membuat warna lain sesuai keinginan Anda. Caranya, klik sub sub group “ribbon”. Lantas, klik-ganda adjustment layer Hue/Saturation yang ada di situ . Aturlah nilai Hue untuk mendapatkan variasi warna, Saturation untuk mengatur tingkat ketajaman serta ketumpulan warna, dan Lightness untuk mengatur terang gelap warna pada panel Adjustments. Variasi warna yang akan Anda dapat bisa sangat beragam.

Mengedit Danau dan Kolam Pasir

Kalau Anda perhatikan, salah satu objek pemanis di atas pulau adalah danau dan kolam pasir yang hadir bersama-sama dengan bendera golf. Kedua objek itu bisa didesain ulang. Artinya, Anda bisa mengubah bentuk danau dan kolam pasir secara mudah. Untuk mengedit bentuk danau, klik layer “lake” yang ada di dalam sub group layer “1_water”. Lantas, pilih Direct Selection Tool yang ada di toolbox. Klik pada objek danau sehingga muncul titik-titik kontrol. Klik-drag titik-titik itu satu demi satu untuk membuat bentuk yang beragam. Berikut variasi-variasi bentuk yang mungkin akan Anda dapatkan:

Demos

Color Skin

Header Style

Nav Mode

Layout

Wide
Boxed